Penampakan 2 Rumah dan 1 Masjid Masih Utuh di Tengah Proyek

proyek jalan tol

proyek jalan tol

Penampakan 2 Rumah dan 1 Masjid Masih Utuh di Tengah Proyek – Dua rumah dan satu masjid masih berdiri di tengah proyek tol Jogja-Solo di Desa Joton, Kecamatan Jogonalan, Klaten. Tiga bangunan itu hingga kini belum dirobohkan pelaksana proyek jalan tol. Beginilah penampakannya.

Tiga bangunan itu terletak di Dusun Desan Wetan, berjarak beberapa ratus meter dari kantor Desa Joton. Bangunan paling barat adalah rumah yang sebagian masih bertembok batako. Di sisi timurnya ada Masjid Al Fajr yang bangunan dan catnya masih tampak baru. Di timur masjid terdapat satu rumah yang bercat putih.

Ketiga bangunan itu seperti ‘tenggelam’ karena di sekitarnya sudah berada di tanah proyek tol Jogja-Solo. Bising alat berat dan truk angkutan uruk melintas menjauh.

Dari tiga bangunan itu kan menjadi satu Masjid Al Fajr. “Masjid itu terdaftar di yayasan, dan sebenarnya untuk ganti rugi sudah terbayar,” kata Kades Joton, Aris Gunawan kepada detikJateng, Kamis (11/7/2024).

Meski demikian, warga meminta masjid itu tidak dirobohkan dulu sebelum ada tempat ibadah sementara. Saat ini sudah dijadikan tempat ibadah sementara.

Sekitar 10 hari sudah dibuatkan tempat ibadah sementara di perumahan tempat relokasi di Dusun Mampiran,” jelas Aris.

Untuk dua rumah yang masih berdiri, kata Aris, rumah itu posisinya di sawah.

Untuk ahlinya belum jelas, mungkin ada sedikit permasalahan, belum ada titik temu. “Kemungkinan nanti dikonsultasikan untuk diserahkan ke pengadilan,” ucap Aris.

“Kami dari pemerintah desa juga sudah menyampaikan untuk segera mengurus kelengkapan administrasi, tetapi ternyata belum selesai sampai saat ini,” imbuhnya.

Pengurus Masjid Al Fajr, Sustopo, membenarkan bahwa telah dibangunkan tempat ibadah sementara.

Ini tinggal pindah. “Untuk lokasi yang baru, masjid belum dibangun, tetapi sekarang sudah dibangunkan tempat ibadah sementara di dekat perumahan itu (di timur tol),” kata Sustopo.

Sebelumnya diberitakan, video penampakan dua rumah dan satu masjid masih utuh berdiri di tengah proyek tol Jogja-Solo beredar di media sosial dan viral. Tiga bangunan yang berdekatan itu berada di wilayah Desa Joton, Kecamatan Jogonalan, Klaten.

General Manager Lahan PT Jasa Marga Jogja Solo (JMJ), Muhammad Amin mengatakan ketiga bangunan tersebut masih dalam proses.

Untuk satu rumah baru, Anda ingin merencanakan minggu ini, karena ada pengukuran ulang untuk luasnya. Untuk satu rumah lainnya lagi, ahli waris 60 orang belum bisa dikonsinyasi karena belum tahu siapa pihak yang berhak

Harus ada surat kuasanya kepada siapa. “Ahli waris belum sepakat dengan rumah ini,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *